+62-21 392 9696

Jl.Salemba Raya No.19 Jakarta 10440

triangle
About Us

Tips Memilih Lampu Hemat Energi

Apa itu lampu hemat energi? Bagaimana cara memilih lampu hemat enegi?

Beberapa pertimbangan kita dalam memilih lampu biasanya adalah:
- Harga
- Merk
- Watt
- Warna (Cool White, Warm White, Cool Day Light)

Selain itu kita bisa memilih dengan lebih detil lagi, seperti :
- Umur Pakai
Biasanya disebut jam nyala (hours), jangan melihat umur lampu secara tahun yang biasanya dijumpai di packaging/kemasan lampu, tapi perhatikan umur pakai jam nyalanya (hours)

- Color Rendering Index
adalah kemampuan sumber cahaya dalam memberikan akurasi perbedaan warna pada benda, semakin tinggi berarti semakin bagus persepsi penglihatan kita terhadap warna benda.Tetapi tidak semua produsen lampu mencantumkan CRI. CRI memilik range dari 0-100, biasanya LHE standard hanya memiliki CRI sekitar 80

- Lumen (lm)
tingkat kekuatan cahaya yang dihasilkan, semakin tinggi semakin terang. Tapi untuk lampu LHE kita biasa pakai lumens. Banyak juga produsen yang tidak mencantumkan tingkat kekuatan cahayanya, dan hanya watt-nya saja. Karena tidak semua produsen mencantumkan tingkat kekuatan cahanya, maka kita cuma berpedoman pada watt-nya, padahal banyak merk lampu yang boros listrik karena watt-nya besar tapi cahayanya lemah. Jika pada kemasan tidak dicantumkan tingkat cahayanya, maka selalu bandingkan nyalanya dengan lampu lain.

- lm/watt
menunjukanm efisiensi lampu tersebut, semakin tinggi lm/watt nya berarti lampu tersebut bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dengan pemakaian listrik yang sama. Dari sini kita bisa simpulkan bahwa memilih lampu berdasarkan tingkat keterangan yang kita perlukan, bukan watt pemakaian konsumsi listrik, jadi janga kaget jika kita beli barang dengan merk abal-abal watt nya besar tapi cahayanya redup.

- Voltage Range
adalah kemapuan lampu dalam perubahan voltage, karena bila voltage di rumah kita tidak stabil, Lampu LHE ini yang menggunakan electronik ballast juga mudah rusak. Pilih LHE yang memiliki voltage range yg lebar. Misal 170V-250V seperti produk Citrus.

- Color temperature (Kelvin)
adalah tingkat panas atau dinginnya sinar yang dihasilkan, Walaupun agak membingungkan karena semakin tinggi malah semakin putih. Bila rendah berwarna merah dan semakin tinggi semakin putih kemudian biru. Tetapi biasanya hanya dituliskan klasifikasinya saja yaitu warm white atau cool white atau daylight. Secara detail Warm white memiliki color temperature 5000K (sinarnya putih)

Lampu Hemat Energi (LHE) memang lebih hemat listrik dan umurnya lebih panjang, jangan terpengaruh dengan perbandingan LHE dengan lampu pijar yang tertera pada kemasan karena itu sudah pasti bukan perbandingan yang sepadan, jika ingin membandingkan, coba bandingkan LHE merk A dengan LHE merk B itu baru sepadan.

Jadi.... beralihlah ke LHE merk Citrus yang sudah ter-uji...